Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Setting Website Push Notifications dengan OneSignal

 

Panduan Setting Website Push Notifications dengan OneSignal



Gurupendidikan.my.id - Panduan Setting Website Push Notifications dengan OneSignal, ketika anda mengunjungi sebuah situs terkadang anda menemui notifikasi subscribe yang muncul di atas pada sebuah website tersebut. notifikasi tersebut bernama onesignal notifikasi.

Fungsinya adalah sebagai bantuan pengunjung untuk mengikuti sebuah website tersebut. jika kita bayangkan ketika sebuah website memiliki banyak sekali pengikut atau penggemar tentunya website kita akan semakin ramai.

Terlebih ketika kita menuliskan postingan baru maka pengikut website anda akan mendapat notifikasi postingan terbaru dari website anda.tentunya hal ini sangat baik untuk website yang anda kelola.

Ada banyak cara untuk meningkatkan traffic ke website Anda. Salah satunya adalah melalui pop-up notification yang dapat tampil di layar. Fitur ini dikenal dengan nama onesignal Push Notifications. Menariknya lagi, pengguna tetap akan mendapatkan pemberitahuan/notifikasi pada perangkat desktop maupun mobile, bahkan ketika mereka tidak sedang mengakses website.

Fungsi dari onesignal Notifications?

Konsep onesignal Push Notifications pada dasarnya sedikit mirip dengan email newsletter. Perbedaan utamanya, email newsletter mengirimkan informasi ke inbox email, sedangkan Onesignal Push Notifications mengirimkannya langsung melalui notifikasi perangkat desktop maupun mobile.

Tidak semua orang membuka email setiap hari. Banyak orang malah cenderung lebih ‘ngeh’ membuka notifikasi melalui ponsel (maupun desktop). Untuk menargetkan pengguna dengan kebiasaan seperti ini, Onesignal Push Notifications dapat menjadi cara ampuh membagikan konten website WordPress Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Onesignal Push Notifications.

1. Meningkatkan Traffic Website

Ketika Anda memiliki update terbaru di website, tidak semua pengunjung mengetahuinya. Dengan penargetan yang tepat menggunakan Onesignal Push Notifications, informasi yang Anda sampaikan dapat dilihat oleh pengunjung Anda dengan mengirimkan pemberitahuan langsung di desktop.

2. Memperluas Jangkauan Posting Website

Pengunjung website lebih mudah memperoleh update terbaru website Anda, sehingga kemungkinan share ke pengguna lain dengan minat serupa lebih besar.

3. Meningkatkan Penjualan

Onesignal Push Notifications tidak hanya dapat digunakan untuk menampilkan artikel/info terbaru saja. Jika Anda memiliki website e-commerce, info promo produk juga bisa Anda beritahukan.

Instalasi & Konfigurasi Di blogger.

Instalasi OneSignal Onesignal Push Notifications dapat Anda lakukan sendiri. Jika Anda belum mengetahui cara instal plugin, silakan ikuti panduan instalasi di sini.

1. Pertama-tama, silahkan kunjungi alamat https://onesignal.com/ dan Sign Up, silahkan daftar menggunakan akun email anda..

2. Selanjutnya isikan nama website dan pilih platform web, selanjutnya klik Next:Configure your Platform.

3. Selanjutnya pada bagian Integration, Saya memilih Typical Site.

4. Pada Site Setup, silahkan isi data berikut seperti sitename,site URL, Icon.

5. Push Side Prompt.

6. Selanjutnya isi Title dan yang lainnya.

7. setelah setingan selesai. klik Save.

8. selanjutnya klik copy code

9. copy kode yang didapatkan tadi pastekan dibawah <head>.

10. Selanjutnya klik Finish

jika sudah selesai maka tampilan nya akan seperti ini.


Demikianlah tulisan kali ini tentang Panduan Setting Website Push Notifications dengan OneSignal semoga dapat memberikan manfaat.