Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Berpikir

 

Pengertian Berpikir

Gurupendidikan.my.id - Pengertian Berpikir, Solso (1998 dalam Khodijah, 2006:117) menjelaskan pengertian berpikir sebagai sebuah proses dimana representasi mental baru dibentuk melalui transformasi informasi dengan interaksi yang komplek atribut-atribut mental seperti penilaian, abstraksi, logika, imajinasi, dan pemecahan masalah. 

Menurut Drever (dalam Walgito, 1997 dikutip Khodijah, 2006:117) berpikir adalah melatih ide-ide dengan cara yang tepat dan seksama yang dimulai dengan adanya masalah. 

Plato beranggapan bahwa berpikir itu adalah berbicara dalam hati.  Berpikir adalah aktivitas ideasional. Pada pendapat ini, dikemukakan dua kenyataan, yaitu:

1). Bahwa berpikir itu adalah aktivitas, jadi  subjek yang berpikir aktif

2). Bahwa aktivitas itu sifatnya ideasional, jadi bukan sensoris dan bukan motoris, walaupun dapat disertai oleh ke dua hal itu, berpikir itu menggunakan abstraksi-abstraksi atau ideas.

Pendapat para ahli - ahli psikologi asosiasi menganggap bahwa berpikir adalah kelangsungan tanggapan-tanggapan di mana subjek yang berpikir pasif.

Selanjutnya ada pendapat yang lebih menekankan kepada tujuan berpikir itu, yaitu mengatakan bahwa berpikir itu adalah meletakkan hubungan antara bagian-bagian pengetahuan kita (Bigot et al., 1950, p. 103).

Berpikir adalah proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau jalannya. Proses berpikir itu pada dasanya ada tiga langkah yaitu:

1).Pembentukan pengertian, 2).Pembentukan pendapat dan, 3).Penarikan kesimpulan.

Pengertian Berpikir ini bersumber dari: Buku "Psikologi Pendidikan" halaman: 54, Karangan: Drs.Sumadi Suryabrata, BA, MA, Ed.s, Ph.D